Badai Sally Menguat dan Semakin Dekati Pesisir AS.

Louisiana – Badai Sally menguat menjadi badai Kategori 2 pada Senin malam dan terus bergerak ke arah garis pantai Louisiana, Alabama, dan Mississippi, Amerika Serikat. Sally diperkirakan dapat memicu hujan deras dan juga gelombang “membahayakan jiwa” setinggi 3,3 meter.

Dikutip dari laman Washington Post, Selasa 15 September 2020, Sally perlahan bergerak menuju Pesisir Teluk AS, dan dampak buruknya di wilayah pesisir diperkirakan akan berlangsung lama.

Sebelum tiba di pesisir AS antara hari Selasa dan Rabu, Sally mungkin akan lebih menguat lagi saat berada di perairan hangat Teluk Meksiko.

Meski Sally membawa angin kencang dengan kecepatan hingga 112-160 kilometer per jam, ancaman terbesar dari badai ini adalah air. Selama ini, area pesisir Louisiana dan Alabama dikenal sangat rentan terhadap gelombang tinggi.
 
Karena pergerakannya yang lamban, hujan deras akan melanda sejumlah wilayah mulai dari tenggara Louisiana hingga ke Florida Panhandle. Kondisi ini berpotensi memicu banjir besar di New Orleans jika hujan mengguyur selama berjam-jam.
 
Pusat Badai Nasional (NHC) memproyeksikan Sally akan tiba di Louisiana pada Selasa pagi waktu setempat, dan bergerak ke arah Mississippi dan Alabama menuju Florida Panhandle.
 
Sally diperkirakan juga akan berdampak pada beberapa kota, mulai dari Morgan City, Louisiana, hingga ke Ocean Springs, Mississippi.
 
Gubernur Louisiana John Bel Edwards mendeklarasikan status darurat badai pada Sabtu kemarin. Sementara otoritas New Orleans telah mengeluarkan perintah evakuasi wajib untuk beberapa wilayah rentan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *