Badai Tropis Saudel Ancam Vietnam Setelah Hantam Filipina

Badai Tropis Saudel telah melanda Filipina, menyebabkan banjir dan ribuan penduduk mengungsi, kata para pejabat pada Rabu. Saat ini badai menuju Vietnam di mana lebih dari 100 orang telah meninggal dalam beberapa minggu karena cuaca buruk.

Wilayah ini mengalami curah hujan yang sangat lebat di tengah permulaan sistem cuaca La Niña, sebuah fenomena yang ditandai dengan suhu yang sangat dingin di Samudra Pasifik ekuator.

Di provinsi Quezon, tenggara ibu kota Filipina, Manila, foto-foto menunjukkan banjir yang meluas dan perahu-perahu digunakan untuk mengangkut penduduk ke lokasi yang lebih aman. “Curah hujan bertepatan dengan La Niña dan air pasang. Itu adalah masalah besar, ”Gubernur Quezon Danilo Suarez mengatakan kepada penyiar CNN Filipina.

Banjir setinggi pinggang telah membuat jalan utama di provinsi Quezon tidak dapat dilalui kendaraan, kata Suarez. Hampir 6.000 orang dievakuasi di provinsi selatan Manila pada Selasa malam, data badan bencana menunjukkan, meskipun tidak ada laporan korban jiwa.

Cuaca buruk di beberapa daerah timur laut Manila mulai cerah, dengan banjir surut, Elson Egargue, seorang pejabat bencana di provinsi Aurora mengatakan kepada stasiun radio DZMM.

Filipina, sebuah negara kepulauan dengan lebih dari 7.600 pulau dan 107 juta orang, dilanda sekitar 20 badai tropis setiap tahun, dengan Saudel menjadi yang ke-16 tahun ini.

Vietnam sekarang berada di jalur Saudel dengan badai yang diperkirakan akan melanda negara itu dengan kekuatan penuh ketika mencapai Kepulauan Paracels di Laut Cina Selatan, kata badan bencana negara itu, menambahkan bahwa jumlah korban tewas akibat banjir dan tanah longsor selama berminggu-minggu telah meningkat menjadi 111, dengan 22 orang masih hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *